Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Desain Rumah Unik Tepi Jurang Dengan Kolam Renang Di Atapnya


Advertisement
Bagi mereka yang mempunyai imajinasi tinggi rumah tidak hanya diciptakan sebagai tempat untuk bernaung saja. Lebih dari itu rumah sering dibuat sebagai sesuatu yang menggambarkan ciri khas karakter seseorang atau menjadi media untuk mengekspresikan imajinasi mereka dalam bentuk bangunan fisik yang berbeda dari yang lainnya. Seperti yang terlihat pada desain rumah unik yang satu ini yaitu sebuah rumah di tepi jurang yang mempunyai kolam renang di bagian atapnya, pasti anda penasaran kan bagaimana bentuk dan isinya? Langsung saja kita simak liputannya di bawah ini.

Siapa pun pasti tidak akan terlintas dipikirannya untuk memiliki sebuah rumah yang dibangun di tepi jurang yang curam. Namun bagi Open Platform for Architecture (OPA) hal itu mampu diwujudkan dengan membuat sebuah casa brutale, yang merupakan satu kesatuan dari kesederhanaan dan harmoni dalam sebuah arsitektur kontemporer.

Desain Rumah Unik Di Tepi Jurang Dengan Atap Kolam Renang

Melalui casa brutale tersebut OPA berharap bisa menyatukan nilai-nilai estetika, struktur, fungsi, dan teknik pembangunan untuk sebuah hunian atau tempat tinggal.  Desain rumah unik tersebut dibangun di tepi jurang dekat laut Aegean, Yunani, dimana casa brutale tersebut dibuat seperti terkubur di dalam bumi yang terbungkus indah oleh beberapa permukaan di sekitarnya. Anda tentu membayangkan bahwa bangunan tersebut penuh dengan inovasi dan improvisasi yang syarat dengan teknologi canggih, namun OPA ternyata tetap mempertahankan material sederhana seperti kayu, kaca dan tembok beton untuk membangun rumah unik tersebut.

Dalam hal ini OPA lebih fokus pada landscape jurang dan laut yang menjadi pemandangan utamanya. Dengan desain yang berada di dalam tanah membuat bangunan rumah unik ini tidak meluas di atas permukaan tanah. Meskipun terkubur namun casa brutale ini masih memiliki bentuk fasad rumah tunggal yang terlihat membelah tebing secara vertikal. 

Yang lebih menarik dari bangunan unik ini adalah hadirnya sebuah kolam renang yang justru ditempatkan sebagai atapnya. Kolam renang yang terbuat dari bahan kristal kaca bertulang tersebut menjadi pemandangan kedua selain laut Aegean. Bagian bawah kolam yang mengkilap berfungsi sebagai sumber pencahayaan dari langit (skylight) yang masuk melalui celah air kolam renang. Penggunaan material kaca untuk mendapatkan cahaya dari luar pun terlihat menutupi fasad rumah di tepi jurang secara keseluruhan.

Desain rumah unik ini memiliki anak tangga yang berjumlah sekitar 50 buah untuk menjangkau bagian bawah rumah. Bagian bawah bangunan ini memang merupakan bagian utama dari casa brutale yang dibuat dengan desain yang tinggi dan mempunyai pintu putar berbahan kayu.

Sementara itu bagian interior bangunan ini terlihat sangat sederhana dengan konsep desain terbuka. Lantai utamanya terdiri dari ruang tamu dan sebuah lorong kecil yang mengarah ke kamar mandi dan tempat penyimpanan serbaguna. Sebuah meja makan yang terbuat dari beton lengkap berikut tempat duduknya yang terbuat dari bahan sama namun memiliki permukaan kayu di atasnya, semakin terlihat serasi menghiasi ruangan yang juga memiliki sebuah perapian di belakang kursi tersebut.

Kemudian sebuah tangga dari baja tipis dibuat mengarah dari dapur ke mezanin yang sengaja didesain untuk kamar tidur utama. Furniture lain seperti bingkai tempat tidur yang ada di dalam rumah unik tersebut terbuat dari perpaduan beton dan kayu. Sedangkan dinding kaca pada desain rumah unik casa brutale ini berfungsi untuk meningkatkan permainan cahaya dan menimbulkan efek bayangan ke dalam rumah. 

Berikut ini gambar lengkap casa brutale hasil rancangan OPA:

Kamar Tidur Utama Dalam Sebuah Mezanin

Lantai 2 Desain RUmah Unik Tepi Jurang Dengan Dinding Kaca

Pemandangan Casa Brutale dari Dapur

Pemandangan di Sekitar Casa Brutale Pada Malam Hari

Pemandangan di Sekitar Casa Brutale Pada Siang Hari

Pemandangan Interior Casa Brutale Dengan Kolam Renang Diatasnya

Pintu Masuk Bangunan Unik Tepi Jurang Casa Brutale.

Tangga dari atas rumah menuju bagian dalam Casa Brutale.

sumber : designboom.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desain Rumah Unik Tepi Jurang Dengan Kolam Renang Di Atapnya