Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Mengetahui Perbedaan Desain Eksterior dan Interior Rumah


Advertisement
Semua orang tentu sering mendengar istilah interior dan eksterior ketika membicarakan masalah rumah. Namun, banyak yang belum mengetahui penjelasan dan perbedaannya secara lebih detil. Nah pada kesempatan ini kami akan mencoba menguraikannya lebih rinci khusus bagi anda pembaca setia blog Ide Rumahku.

Mengetahui perbedaan antara eksterior dan interior rumah dapat membantu anda dalam memberikan masukan untuk keperluan desain dan dekorasi rumah. Sebuah daftar panjang perlu anda pertimbangkan ketika memilih elemen yang lebih spesifik dari bagian eksterior maupun interior rumah anda seperti cat dan pintu. Selain itu mengetahui bagaimana seharusnya unsur-unsur yang digunakan juga memungkinkan anda untuk medapatkan fungsi yang optimal dengan tetap memberikan gaya baik di luar maupun di dalam rumah.

Mengetahui Perbedaan Desain Eksterior dan Interior Rumah

Definisi

Menurut Merriam Webster pengertian kata eksterior bisa diartikan sebagai pada permukaan luar;berada di sisi luar;dimaksudkan atau sesuai untuk penggunaan outdoor. Sementara itu Merriam Webster juga mendefinisikan interior sebagai terjadi atau berfungsi dalam batas-batas dan membatasi. Sedangkan Dictionary.com memberikan arti kata interior dengan beberapa pengrtian yaitu dalam;apa-apa yang ada di dalam;internal; batin;lebih lanjut ke arah pusat; dan atau berkaitan dengan apa yang ada di dalam.

Desain Eksterior dan Interior


Desain eksterior dan interior tidak hanya mencakup seperti apa yang tergambar pada struktur arsitektural, namun meliputi mebel, lantai, cat dan dekorasi yang sesuai untuk penggunaan di dalam maupun di luar rumah. Desain eksterior akan mencakup misalnya desain taman, deck dan teras. Sedangkan desain interior meliputi segala sesuatu di dalam rumah anda seperti ruang tamu, ruang keluarga , dapur, kamar tidur dan kamar mandi. 

Salah satu faktor untuk mempertimbangkan dekorasi eksterior misalnya adalah kain yang sesuai untuk digunakan pada furniture outdoor seperti kursi teras. Sedangkan salah satu faktor untuk mempertimbangkan dekorasi interior adalah penempatan mebel dan perabotan rumah lainnya. 

Pintu

Untuk pintu bagian eksterior berfungsi dalam memberikan keamanan, oleh karena itu selain bahannya yang harus kuat juga harus memiliki ketahanan terhadap cuaca panas dann hujan. Ini juga termasuk pitntu masuk rumah di bagian depan maupun belakang, pintu geser kaca maupun pintu Patio. Pintu eksterior bisa terbuat dari baja, fiberglass atau kayu dalam berbagai model dan ukuran seperti panel, desain kaca atau pola kisi-kisi. 

Sementara itu pintu interior mempunyai fungsi utama menjaga suara keluar dan memberikan privasi kepada penghuni rumah terutama di ruangan kamar tidur dan kamar mandi.  Pintu interior biasanya terbuat dari kayu atau papan dari serat kayu yang dipadatkan, atau juga dari komposit kayu yang berongga maupun padat. Jenis pintu interior meliputi pintu louver, pintu perancis, pintu berlipat, pintu berayun seperti di sebuah cafe dan pintu saku. (lihat : 5 Model Pintu Rumah Minimalis Yang Layak Anda Pilih)

Cat

Cat yang digunakan di bagian luar rumah biasanya mengandung bahan alkid atau lateks, saat ini cat eksterior juga datang dengan beragam pilihan seperti dengan warna yang berkilau rendah, semigloss dan gloss. Sedankan cat interior lateks biasanya berbasis air dan tersedia dalam berbagai jenis finishing dengan yang paling umum yaitu jenis datar, kilau rendah dan semigloss. Penyelesaian pengecatan dengan tekstur yang datar dapat menyembunyikan ketidaksempurnaan area yang dicat, hal ini paling baik digunakan di kamar yang biasanya sulit untuk dibersihkan seperti kamar tidur. 

Cat dengan kilau yang rendah dikenal sebagai kulit telur atau satin dimana cat tersebut memiliki kemilau sedikit yang tidak bisa menyembunyikan ketidaksempurnaan. Jenis cat semigloss lebih berkilau jika terkena cahaya, sehingga sangat cocok digunakan untuk dapur dan dinding kamar mandi. Sedangkan gloss adalah jenis penyelesaian yang paling sulit danpaling baik jika digunakan pada door jambs dan daun jendela. (Baca : Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus !)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengetahui Perbedaan Desain Eksterior dan Interior Rumah