Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus !


Advertisement
Kebanyakan pemilik rumah sering menghadapi kebingungan ketika dihadapkan pada sebuah pilihan dalam menentukan kombinasi warna cat rumah yang bagus untuk tempat tinggalnya. Bahkan bagi sebagian dari mereka ini menjadi hal yang menyulitkan, apalagi saat ini hampir semua produsen cat menawarkan beragam pilihan warna secara lengkap.

Pilihan warna yang beragam tidak lantas memberikan solusi terhadap pemilihan warna yang tepat, justru yang sering menjadi masalah adalah bagaimana caranya menciptakan perpaduan/kombinasi warna yang tepat, sehingga akan menghasilkan warna-warna yang indah baik untuk bagian eksterior maupun interior rumah. 

Nah, untuk membantu anda dalam memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut, pada kesempatan ini kami akan berbagi tips dalam membuat paduan warna cat rumah menurut seorang Desainer interior bernama Ayu Sawitri Joddy, seperti yang dilansir situs Kompas.com (12/07/2015).

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus - Wheel Colors

Dikatakan Ayu bahwa untuk mendapatkan perpaduan warna yang tepat, bisa menggunakan sebuah teori yang disebut Complementary Colors. Dimana teori tersebut menggunakan roda warna (colors wheel) sebagai pedoman untuk memilih warna-warna yang akan dipadukan. Di dalam roda warna tersebut terdapat 12 warna yang terdiri dari warna primer, warna sekunder dan warna tersier seperti terlihat di gambar atas.

Jika anda hanya ingin membuat perpaduan 2 warna saja, maka anda hanya perlu melihat warna yang bersebrangan, misalnya merah warna di seberangnya adalah hijau, maka warna merah bisa dikombinasikan dengan dengan hijau. Namun ada hal yang perlu diingat, yaitu tingkat kontras antara 2 warna yang dipasangkan. Kontras yang tinggi memang menciptakan tampilan yang dinamis, tapi dengan skema yang harus tetap dikelola dengan baik agar tidak menghasilkan sesuatu yang over. Perpaduan warna mencolok tersebut cocok bagi anda yang bermaksud untuk menonjolkan sebuah bidang atau ruangan tertentu. Selain itu menurut Ayu, syarat untuk menggunakan teori ini adalah anda harus memilih salah satu dari dua warna tersebut sebagai warna dominan, jadi tidak bisa dua-duanya sama-sama dominan. "Misalnya warna kuning dengan biru, kuning sebagai aksen, dosisnya lebih kecil daripada biru," terang Ayu.

Ditambahkan Ayu, untuk mendapatkan warna cat rumah yang bagus, selain dengan teori diatas bisa juga menggunakan teori Analogous, yang menjelaskan mengenai bagaimana caranya mengkombinasikan tiga warna yang berdekatan dalam roda warna tadi. Warna-warna ini biasanya cocok untuk menghasilkan kombinasi warna cat rumah yang tenang dan nyaman, karena mengambil skema dari alam sehingga suasananya lebih enak dipandang dan harmonis.

Caranya anda bisa memilih satu warna sebagai warna dominan, kemudian warna kedua dipilh sebagai pendukung dan warna ketiga dijadikan sebagai aksennya bersama dengan warna hitam, putih atau abu-abu. Pastikan juga tingkat kontras dalam jumlah yang cukup untuk memilih skema dengan teknik analog ini.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus
Contoh kombinasi warna cat monokromatik kamar anak dengan aksen kayu pada Lantai

Selanjutnya bagi anda yang tidak menyukai warna-warni dalam rumahnya, bisa menerapkan warna monokromatik. Yaitu dengan menggunakan satu warna dasar saja, dan untuk variasinya bisa memakai warna turunan dari warna dasar tersebut. Contohnya untuk warna hijau, warna turunannya adalah pastel green, avocado green, lime green dan hijau daun. Untuk menghilangkan kesan monoton dalam satu ruangan, sebaiknya pilih tiga warna yang berbeda intensitasnya, kemudian padukan dengan unsur warna netral yaitu hitam dan putih, dan untuk menambah kesan natural anda juga bisa memadukan warna monokromatik dengan unsur kayu.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan perpaduan warna cat rumah yang bagus yang bisa dijadikan panduan untuk membuat rumah anda tampak lebih indah. Jika ingin mengetahui warna cat rumah minimalis yang bakal menjadi trend di tahun 2016, anda juga bisa melihatnya di artikel kami yang lainnya, terima kasih semoga bermanfaat ;)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus !