Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Cara Membuat Alat Penyiram Tanaman Otomatis Sederhana


Advertisement
Memiliki hobi bercocok tanam di pekarangan rumah maupun di dalam pot tentu memerlukan perawatan secara berkelanjutan, karena hal ini akan berpengaruh pada penampilan tanaman supaya tetap dalam kondisi segar dan indah. Salah satu bentuk perawatan utama tanaman adalah penyiraman air dan ini perlu dilakukan secara teratur dalam jumlah yang proporsional. Namun yang sering menjadi masalah bagi sebagian orang adalah mereka tidak memiliki waktu untuk menyiram tanaman kesayangannya. Nah, oleh karena itu jangan khawatir dulu karena pada artikel ini kami akan berbagi cara membuat alat penyiram tanaman otomatis sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Mungkin anda pernah melihat alat sprinkler taman otomatis di taman-taman perumahan mewah atau taman di kota-kota besar yang terpelihara dengan baik. Penyiram tanaman otomatis tersebut memang diciptakan untuk memudahkan aktivitas menyiram tanaman karena tidak perlu repot untuk membawa air atau meyemprotkan air dari selang keseluruh tanaman yang ada di sekitar area taman.

Cara Membuat Alat Penyiram Tanaman Otomatis Sederhana

Nah, yang akan kami bagikan kali ini tentu bukan membuat alat sprinkler seperti  itu, tapi sebuah alat penyiram tanaman otomatis sederhana yang kurang lebih cara kerjanya sama dengan alat sprinkler air di tanam taman. Untuk membuat alat ini anda juga hanya membutuhkan alat-alat yang terdapat di sekitar rumah. 

Berikut ini alat dan bahan yang anda perlukan untuk membuat alat penyiram otomatis untuk tanaman pot di rumah:
  1. Botol plastik bekas air mineral dalam kemasan berukuran 1 liter
  2. Selang akuarium
  3. Leter T yang berfungsi untuk membagi saluran air
  4. Kapas, lem, akuarium, kawat dan penjepit kertas
  5. Obeng dan Gunting
Setelah semua alat dan bahan yang diperlukan tersedia, selanjutnya ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini :
  • Buatlah lubang di bagian tengah tutup botol dengan menggunakan obeng. Sesuaikan ukuran lubang tersebut dengan diameter selang plastik aquarium.
  • Kemudian masukan ujung selang plastik ke dalam lubang di tutup botol tadi.
  • Oleskan lem akuarium di bagian dalam tutup botol. Lalu ratakan lem hingga menutup celah-celah diantara selang plastik dan tepi lubang. Tunggu hingga lemtersebut kering.
  • Lalu sumbatkan kain atau kapas ke ujung selang yang lainnya. Kapsa atau kain tersebut berfungsi sebagai regulator untuk mengatur debit air yang menetes. Jika Anda ingin menyiram beberapa pot sekaligus, buatlah cabang pada selang plastik dengan menggunakan leter T untuk membagi jalur air, kemudian sumbatkan kain atau kapas pada kedua ujung selang.
  • Buatlah cantelan atau gantungan di daras botol. Caranya lubangi dasar botol, lalu buat dua lubang. Kemudian potong kawat kira-kira sepanjang 20 cm, lalu selipkan kawat tersebut ke dua lubang itu dan rapatkan kawat oleh tang penjepit lalu pelintir sampai keduanya menyatu membentuk sebuat jinjingan.
  • Kemudian isi botol plastik tersebut dengan air hingga penuh, bila perlu tambahkan pupuk berbetuk cairan lalu pasangkan tutup botolnya.
  • Letakkan bagian tutup botol menghadap ke bawah sehingga posisinya jungkir balik, gantungkan botol padapaku di dinding tembok yang berdekatan dengan lokasi tanaman dalam pot. Kemudian arahkan ujung selang ke pangkal tanaman pot. bila tetesanair masih mengucur deras, jepit selang plastik dengan penjepit kertas, sampai air tersebut menete perlahan-lahan. Normalnya, kapasitas air sebanyak 1 liter tersebut bisa bertahan 3-5 jam dan anda bisa mengisinya kembali jika telah kosong.
Itulah tips membuat alat penyiram tanaman otomatis sederhana untuk memudahkan anda menyiram tanaman yang berada di dalam pot. Jika anda juga hobi bercocok tanam sayuran, anda bisa membaca artikel kami yang berjudul Tanaman Hidroponik Solusi Mudah Bercocok Tanam Di Rumah, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat ;)

sumber : iDEA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Alat Penyiram Tanaman Otomatis Sederhana