Inspirasi Terbaik Rumah Anda

5 Gambar Rumah Kayu Minimalis Yang Penuh Inspirasi


Advertisement
Suhu udara di bumi yang semakin panas salah satunya diakibatkan oleh efek rumah kaca dari seluruh bangunan yang ada dunia. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh keberadaan beberapa bangunan baik rumah, gedung bertingkat yang digunakan untuk perkantoran, hotel maupun apartemen yang kebanyakan menggunakan material kaca sebagai media pencahayaan dari luar. Nah, beberapa orang yang menyadari dampak rumah kaca tersebut, mereka kini banyak mencari ide gambar rumah kayu untuk dijadikan referensi dalam membangun sebuah hunian yang lebih ramah lingkungan.

Pada dasarnya naluri manusia memang tidak bisa terlepas dari alam. Dalam kehidupan mereka selalu membutuhkan alam sekitar untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk dalam membangun sebuah rumah. Kayu merupakan sumber daya alam yang sering kita gunakan untuk membangun rumah. Selain karena memiliki kekuatan, material tersebut juga mempunyai nilai keindahan yang bersifat natural. Oleh karena itu rumah kayu merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang peduli untuk mengurangi pemanasan global yang belakangan semakin meningkat.

Gambar rumah kayu yang berkembang saat ini sangat beraneka ragam, namun biasanya konsep rumah kayu dibuat sangat sederhana. Belakangan ini rumah kayu juga menjadi populer di kalangan masyarakat modern yang sudah menyadari akan pentingnya kelestarian lingkungan untuk kehidupan di masa yang akan datang. Bahkan konsep rumah kayu minimalis sekarang banyak digunakan oleh orang-orang yang menginginkan sebuah bangunan tempat tinggal yang hangat, sederhana dan terkesan alami serta ramah lingkungan.

Desain dan model rumah kayu memang bisa dibuat sama seperti pada rumah konvensional yang berbahan tembok. Namun sepertinya rumah kayu lebih cocok dibuat sederhana dengan gaya pedesaan yang alami. Ruangan di dalam rumah pun biasanya dibuat sepraktis mungkin untuk memudahkan perawatan dan pemeliharaannya. 

Nah, bagi Anda yang kini sedang mencari ide untuk membangun sebuah rumah kayu minimalis pada kesempatan ini Ide Rumahku akan membagikan 5 (lima) gambar rumah kayu minimalis yang penuh inspirasi.

1. Rumah Kayu Perbukitan Ala Jepang

Gambar Rumah Kayu Minimalis di Perbukitan Ala Jepang

Rumah kayu ini disebut Skyward House dan didesain oleh Arsitektur bernama Acaa. Rumah ini berdiri sendiri di tengah lereng berumput yang berhadapan langsung dengan jalan raya, lokasinya terletak di Uenohara, Yamanashi, Jepang. Pemilihan lokasi di tengah ketinggian bukit bertujuan untuk menemukan keseimbangan dalam keterbukaan dan privasi dalam satu waktu. 

2. Rumah Kayu Bekas Peternakan Sapi, Inggris

Gambar Rumah Kayu Minimalis Bekas Peternakan Sapi, Inggris

Gambar rumah kayu ini merupakan foto sebuah rumah kayu yang terbuat dari bingkai baja dan kayu oak di daerah pedesaan dekat Leighton Buzzard, Inggris. Rumah tersebut dibuat oleh perusahaan arsitektur terkenal dari London bernama A-Zero atas permintaan pemilik rumah yang masih tergolong keluarga muda. Pemilik rumah tersebut menginginkan sebuah rumah yang berbau pedesaan dengan nilai-nilai pertanian yang kental. Uniknya rumah tersebut dulunya merupakan tempat peternakan sapi yang 2/3 bagiannya masih bisa tersirami air hujan dan angin secara langsung. 

3. Rumah Kayu di Sengokuhara, Jepang

Gambar Rumah Kayu Minimalis di Sengokuhara, Jepang

Rumah kayu berlantai dua di Sengokuhara, Jepang ini adalah hasil rancangan arsitek negeri samurai bernama Shigeru Ban. Bangunan ini menampilkan struktur baja parsial dengan atap yang menjorok. Rumah dengan inovasi terbaru ini menggabungkan unsur kayu dan baja menjadi satu. Modelnya dibuat mengelilingi taman yang memiliki bentuk seperti tetesan air (teardrop).

4. Rumah Kayu Cantik Dari Bekas Garasi

Gambar Rumah Kayu Minimalis Dari Bekas Garasi

Rumah kayu minimalis yang cantik ini merupakan hasil karya arsitek sekaligus seniman bernama Michelle De La Vega.  Ia memanfaatkan ruangan bekas garasi rumahnya yang tidak terpakai untuk kemudian disulap menjadi sebuah rumah kayu yang hangat. Rumah seluas 250 square feet ini dirancang dengan tampilan pop yang vintage dengan menggunakan material kayu bertekstur jelas. Rumah ini semakin terlihat menarik dengan pemakaian sejumlah furniture hasil recycle barang-barang lama yang diolah menjadi barang yang lebih bagus.

5. Rumah Kayu Balok di Tengah Hutan 

Gambar Rumah Kayu Minimalis Berbentuk Balok di Tengah Hutan

Terakhir, gambar rumah kayu minimalis yang mengisnpirasi adalah rumah hasil rancangan arsitek bernama Nitsche Arquitetos yang terletak di tengah hutan Sao Paulo, Brasil. Bentuknya sangat sederhana sekali yaitu menyerupai sebuah balok dengan ukuran volume (p x l x t) sebesar 4,8 x 12 x 2,5 meter dan jarak ketinggian dari tanah sejauh 70 cm. Dengan menggunakan kualitas kayu terbaik, rumah tersebut tampak berdiri kokoh sebagai satu-satunya bangunan di tengah hutan tersebut. 

*sumber : iDEA Online

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Gambar Rumah Kayu Minimalis Yang Penuh Inspirasi