Inspirasi Terbaik Rumah Anda

5 Model Pintu Rumah Minimalis Yang Layak Anda Pilih !


Advertisement
Pintu menjadi bagian yang penting dalam sebuah ruangan, fungsinya sebagai alat yang membatasi keluar masuknya orang atau barang tentu menjadi bagian yang sangat vital dari segi keamanan dan privasi sang penghuni rumah. Namun, keberadaannya tidak hanya sebatas sampai disitu saja, pintu juga menjadi salah satu instrumen yang dijadikan sebagai media untuk mengekspresikan keindahan dari sebuah rumah. Untuk hunian bergaya minimalis pemilihan desain pintu yang tepat akan membuat rumah terlihat semakin mewah dan ekslusif. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan 5 model pintu rumah minimalis yang layak anda pilih.


5 Model Pintu Rumah Minimalis


Saat ini banyak sekali design pintu rumah minimalis yang bisa anda jadikan model untuk penggunaan di dalam bangunan maupun pintu yang merupakan akses ke luar rumah. Dalam memilih model pintu yang sesuai dengan rumah minimalis anda, bisa dikonsultasikan dengan ahli desainer interior supaya hasilnya serasi dengan furniture yang akan anda gunakan.   

1. Model Pintu Jeruji.


Model Pintu Rumah Minimalis Ruji

Bentuk pintu jeruji menonjolkan sebuah keteraturan garis baik secara horizontal maupun vertikal yang dibentuk oleh kayu maupun logam sebagai materialnya. Dengan ukuran pintu yang besar jeruji yang terbentuk akan membuat ruangan terlihat lebih simetris dan celah-celah yang terbentuk dari garis-garis tersebut bisa menjadikan aliran cahaya dasn udara masuk secara alami ke dalam ruangan. Namun, model pintu ini terlihat lebih eksotis jika ruji-ruji tersebut dibuat sangat banyak dengan jarak/interval yang hampir rapat. Sementara itu untuk warna yang dipilih biasanya hanya menggunakan satu jenis warna saja yang melekat dari bahan yang digunakannya, misalnya jika memakai kayu, aksen kayu bisa lebih ditonjolkan dengan finishing dop maupun pernis. Sedangkan jika memakai bahan logam seperti besi dan stainless steel, bisa menngunakan warna hitam, silver atau dilapis krom.

2. Model Pintu Fullblocked.

Model Pintu Rumah Minimalis Full Blocked
Model Pintu Rumah Minimalis Lebar dan Tebal Fullblocked


Model pintu rumah minimalis yang banyak digunakan yaitu pintu dengan desain fullblock, yang semua bidangnya dibuat tertutup penuh oleh salah satu maupun kombinasi materialnya. Nah, dalam bidang yang cukup besar ini anda bisa membuat desain sederhana yang akan menambah estetika ruangan secara harmonis. Motifnya bisa berupa garis-garis horizontal, vertikal, ukiran grafis dengan permainan tekstur yang disesuaikan. Penggunaan material dan warna pada pintu jenis ini juga menjadi kekuatan dalam menghasilkan desain yang bagus.

3. Model Pintu Kaca


Model Pintu Rumah Minimalis Kaca Dengan Bingkai AlumuniumModel Pintu Rumah Minimalis Full Kaca

Bagi anda yang menyukai aksen berkilau dan pencahayaan lebih bisa memilih model pintu yang satu ini. Penggunaan kaca secara dominan pada bidang pintu akan menghasilkan kesan luas dan terbuka, pintu ini bisa dibuat secara utuh dari kaca atau dengan menggunakan rangka berbahan bahan kayu dan logam atau perpaduan keduanya.  

4. Model Pintu Geser (Sliding Doors)


Model Pintu Rumah Minimalis Sistem Sliding DoorsModel Pintu Rumah Minimalis Sistem Geser Dengan Material Kaca

Untuk beberapa ruangan berukuran besar seperti ruang keluarga yang berbatasan denga ruang makan ataupun ruang terbuka di dalam rumah, model pintu geser sangat cocok digunakan. Selain terlihat lebih terbuka juga tidak ada area yang terhalang ketika pintu sedang dalam kondisi terbuka, karena sistem buka tutupnya yang menggunakan rel dan sejajar dengan dinding. Materila yang digunakan bisa bermacam-macam, ada yang terbut dari kaca dengan rangka kayu maupun metal, pipa besi, kayu lapis, alumunium dan lain-lain.

5. Model Pintu Berlipat (Folding Doors)


Model Pintu Rumah Minimalis Berlipat (Folding Doors)

Model Pintu Lipat Untuk Rumah Minimalis Bermaterial Kayu dan Kaca

Model pintu berlipat bisa digunakan untuk ruangan besar seperti garasi, ataupun untuk akses keluar dari ruang keluarga menuju halaman belakang. Namun tidak menutup kemunginan juga ruang kecil seperti kamar pribadi menggunakan model pintu minimalis ini. Pintu berlipat memang akan sedikit merepotkan bagi anda yang tidak biasa menggunakannya, karena sistem buka tutupnya yang tidak praktis. Namun bagi mereka yang menyukainya, pintu ini malah menambah keunikan tersendiri dalam rumah minimalisnya.

Itulah 5 model pintu rumah minimalis yang bisa anda jadikan ide dalam merancang sebuah instrumen pembatas dan akses keluar masuk ruangan. Dengan tidak mengesampingkan fungsinya pintu juga bisa didesain dalam menunjang estetika bagian interior dan eksterior sebuah rumah.

Lihat juga Model Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru 2016 !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Model Pintu Rumah Minimalis Yang Layak Anda Pilih !