Inspirasi Terbaik Rumah Anda

9 Rumah Terunik di Dunia Dengan Bentuk Paling Aneh


Advertisement
Bagi sekelompok orang yang mempunyai pikiran kalau sesuatu yang normal itu membosankan (Normal is boring), mungkin akan melakukan hal yang tidak biasa dalam kehidupannya. Termasuk dalam urusan membangun sebuah hunian sebagai tempat tinggalnya, hal ini seperti terlihat pada beberapa rumah terunik di dunia yang mempunyai bentuk paling aneh dari lazimnya sebuah bangunan tempat tinggal.

Namun bagi orang-orang seperti ini meskipun bentuk rumah tersebut sangat aneh di mata orang lain, mereka akan menikmati kenyamanan di dalamnya. Tidak seperti rumah-rumah pada umumnya, konsep rumah unik memerlukan pemikiran yang matang karena struktur bangunannya bisa jadi sangat berbeda dengan rumah biasa yang mungkin bisa membahayakan si pemilik rumah.

Nah, setelah kemarin kami membagikan 10 rumah termewah dan termahal di dunia, sekarang ada 9 rumah terunik di dunia yang bisa menambah wawasan Anda mengenai bentuk dan desain rumah. Langsung saja kita lihat gambar dan ulasannya di bawah ini :

1. Rumah Terbalik (The Upside Down House, Polandia)

9 Rumah Terunik di Dunia - Rumah Terbalik ( The Upside Down House, Polandia)

Bentuk rumah unik yang pertama ini benar-benar sangat nyeleneh, mungkin anggapan orang rumah ini adalah korban bencana angin puting beliung atau banjir bandang. Rumah dengan gaya tahun 70-an ini sengaja di bangun terbalik oleh desainer dan filantropis asal Polandia bernama Daniel Czapiewski. Uniknya lagi selain rumahnya yang terbalik, semua perabotan yang ada di dalamnya juga dibuat terbalik.

2. Rumah Toilet (The Toilet House, Korea Selatan)


9 Rumah Terunik di Dunia Dengan Bentuk Paling Aneh - Rumah Toilet (The Toilet House - Korea Selatan)

Rumah ini dibangun di kota Suwon, Korea Selatan dan pernah dijadikan tempat tinggal oleh Sim Jae-duck, seorang pendiri dan presiden pertama Asosiasi Toilet Dunia (World Toilet Association). Asosiasi tersebut memiliki misi untuk menyebarkan manfaat toilet higienis ke seluruh dunia. 

3. Rumah Jam Matahari (Bio Climatic Solar House, Perancis)


99 Rumah Terunik di Dunia Dengan Bentuk Paling Aneh -  Rumah Jam Matahari (Bio-Climatic Solar House, Perancis)

Rumah terunik di dunia yang ketiga ini dibangun pada tanggal 4 Agustus 2011 di Coswiller, pedesaan Alascian dekat Strasbourg, Perancis Timur. Desain uniknya diciptakan untuk dapat menjaga suhu di dalam ruangan agar tetap stabil walaupun mengalami pergantian musim. Sehingga bila musim panas sedang berlangsung, suhu ruangannya akan tetap dingin dan rumah juga terjaga dari panasnya sinar mataharik terik yang menyengat. Sebaliknya jika pada musim semi, musim gugue dan dingin, sinar matahari dapat tetap masuk melalui beberapa jendela yang terdapat di dalam ruangan. Rumah unik yang mempunyai nama lain Heliodome ini memang didesain sebagai jam matahari 3 dimensi yang dirancang sesuai dengan pergerakan matahari.

4. Rumah Batu (Stone House, Portugal)


9 Rumah Terunik di Dunia Dengan Bentuk Paling Aneh -  Rumah Batu ( Stone House, Portugal)

Rumah ini terletak di Serra de Fafe (gunung Fafe), Portugal dan dibangun pada saat musim semi tahun 1972. Rumah ini dibangun diantara dua buah batu raksasa yang berada di puncak gunung dengan pemandangan yang mengagumkan. Seluruh materialnya terbuat dari batu kecuali pada beberapa bagian seperti pintu, jendela dan pipa cerobong asap. Sementara itu bagian interiornya, tangga dan pegangan tangannya terbuat dari batang kayu putih yang mencerminkan gaya pedesaan.

5. Crazy House, Vietnam


9 Rumah Terunik di Dunia Dengan Bentuk Paling Aneh - Crazy House, Vietnam

Jika kebanyakan orang membuat rumah dengan desain yang apik, beraturan dan modern, hal ini tidak berlaku bagi arsitek asal Vietnam yang bernama Dang Viet Nga. Dia justru membuat rumah dengan gaya yang tidak beraturan, bukan hanya rumahnya saja yang terlihat seperti sebuah gua dengan bentuk yang tidak teratur, namun psejumlah properti yang menghiasi bagian dalam rumah tersebut juga sengaja dibuat seperti acak-acakan. Sehingga sebagian orang menganggap rumah yang juga disebut Hang Nga Villa ini memiliki gaya ekspresionisme. Rumah yang difungsikan sebagai hotel ini dikunjungi lebih dari 90 ribu turis setiap tahunnya. 

6. Rumah UFO (Space House, Tennessee)


9 Rumah Terunik di Dunia Dengan Bentuk Paling Aneh - Rumah UFO (Space House, Tennessee)

Rumah dengan desain pesawat UFO (piring terbang) yang sedang mendarat  ini terletak di Signal Mountain, Tennesse. Rumah unik ini dibangun oleh Curtis King pada tahun 1973 sebagai tanda kasih sayang kepada anaknya.

8. Rumah Pesawat (Airplane House, Lebanon)


9 Rumah Terunik di Dunia Dengan Bentuk Paling Aneh - Rumah Pesawat Terbang (Airplane Houses, Lebanon)

Rumah pesawat ini terletak di Desa Miziara, Lebanon. Masyarakat desa Miziara membanggakan dirinya pada bangunan-bangunan rumah yang menyerupai kuil-kuil kuno Yunani dan beberapa reruntuhan peninggalan Mesir sebagai hunian mereka. Namun rumah yang dibentuk dari sebuah pesawat berjenis Airbus A380 ini juga menjadi kebanggaan mereka saat ini. 

9. Rumah Bola (Japanese Soccer Ball Shaped Home, Jepang)


9 Rumah Terunik di Dunia Dengan Bentuk Paling Aneh - Rumah Bola (Japanese Soccer Ball Shaped Home, Jepang)

Rumah terunik di dunia dengan bentuk paling aneh yang satu ini dibuat oleh Kimidori Housing pada tanggal 25 Mei 2006 sebagai rumah tahan bencana di Gifu, Jepang. Rumah yang menngunakan desain bola ini memiliki 32 sisi geodesik bola yang dibuat mengapung. Dengan memiliki keuatan struktural untuk menahan gempa bumi rumah ini dijual dengan harga kurang dari 15 ribu Dollar Amerika. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Rumah Terunik di Dunia Dengan Bentuk Paling Aneh