Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Rumah Pohon Skysphere Bisa Dikontrol Smartphone Android


Advertisement
Jika anda sedang mencari ide untuk membuat rumah pohon sebagai tempat beristirahat di halaman belakang ataupun sebagai sarana bermain anak-anak, mungkin bisa mencontoh sebuah rumah pohon modern bernama Skysphere. Ide kreatif ini dirancang dan dibangun oleh seorang desainer sekaligus teknisi bernama Jono Williams.

Sebelum menciptakan Skysphere, Jono sukses menggarap sebuah proyek rumah pohon bernama TreeBach bersama teman-temannya di New Zealand. Pada awalnya untuk proyek keduanya ini Ia hanya ingin membuat struktur bagunan yang bisa ditempatkan di sebuah pohon atau di antara beberapa pohon. Setelah berjuang dengan mencoba beberapa desain, akhirnya Jono menemukan ide untuk membuat struktur yang benar-benar kuat, tidak mudah rusak dan terhempas oleh terpaan angin besar. 

Niatnya untuk membangun rumah di antara pepohonan akhirnya ia urungkan, karena ia berpikir hal itu malah bisa mengganggu pertumbuhan pohon-pohon tersebut. Kemudian Jono berpikir untuk membuat rumah pohon yang tidak biasa yang menggunakan kolom baja besar seperti menara untuk menopang struktur rangka bangunan tersebut, dengan begitu ia bisa membangunnya di mana saja sesuai dengan keinginan. 

Rumah Pohon Skysphere Bisa Dikontrol Smartphone Android

Rancangan rumah pohon modern Skysphere dibangun dengan konsep batas antara manusia dan alam. Menariknya bangunan ini memiliki jendela dengan pandangan mencakup 360 derajat, ide ini didapatkan dari pengalaman Jono yang sering melihat jendela di sejumlah rumah pohon hanya berukuran kecil. Lantas ia beranggapan bahwa untuk apa membangun rumah pohon, jika penghuninya tidak bisa melihat lingkungan alam di sekitarnya dengan leluasa. Nah, dengan jendela setinggi 2 meter dan panjang sekelilingnya yang mencapai 14 meter ini anda tidak akan kekurangan pemandangan, walaupun kita bisa menurunkan tirai /gorden jika menginginkannya.

Rencana awalnya Jono ingin membuat lift sebagai akses untuk mencapai ruangan Skysphere dan membuat jendela dengan sistem eletronic film overlay yang bisa secara otomatis membuka jendela buram ke transparan dengan pasokan arus listrik, namun karena biayanya terlalu besar untuk saat ini rencana tersebut ia tahan dulu.

Satu lagi aspek yang menarik dari konsep rumah pohon buatan Jono Williams ini adalah terintegrasinya sistem teknologi modern pada menara tersebut. Semua peralatan listrik yang terdapat didalamnya seperti lampu, alat hiburan dan akses pintu sepenuhnya ditenagai oleh sinar matahari yang kemudian bisa dikontrol melalui ponsel pintar berbasis Android.

Desain dan Fasilitas Interior Rumah Pohon Skysphere

Beberapa fasilitas menarik lainnya yg tersedia di rumah pohon modern ini antara lain, proyektor, sistem suara tanpa kabel, lemari pendingin, tempat tidur ukuran queen, internet wireless berkecepatan tinggi dan sebuah tangga sebagai akses untuk naik dan turunnya. Satu hal yang disayangkan dari rumah pohon ini adalah tidak adanya kamar mandi, namun rencanya sang kreator akan membuat sebuah kamar mandi kecil yang terpisah di dekat menara.

Biaya yang dihabiskan Jono Williams untuk membangun Skysphere ini adalah sebesar 50 ribu Dollar Amerika atau sekitar 700 juta rupiah, dan itu hanya untuk materialnya saja. Sedangkan waktu keseluruhan yang ia habiskan untuk mengerjakan proyek DIY (Do It Yourself) tersebut adalah sekitar 3.000 jam. 

Saat ini Jono menggunakan rumah pohon Skysphere ini sebagai tempat nongkrong pribadi dan belum berencana menjual proyek rumah pohon Skysphere kepada pihak lain, namun kedepan mungkin saja Ia melakukannya. Nah, apakah anda tertarik untuk membuatnya? Semoga ulasan tadi bisa memberikan inspirasi bagi anda jika ingin membuat sebuah rumah pohon modern, terima kasih :)

source : http://www.theskysphere.com/

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rumah Pohon Skysphere Bisa Dikontrol Smartphone Android