Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Tips Membuat Cat Dinding Kamar Mandi Lebih Awet dan Tahan Lama


Advertisement
Kamar mandi adalah ruangan dengan tingkat kelembaban yang tinggi, hal ini disebabkan oleh aliran air dan uap panas yang berada di dalam ruangan tempat membersihkan tubuh tersebut. Keadaan ini tentunya sering mengakibatkan kerusakan pada dinding kamar mandi karena secara terus-menerus terkena uap air bahkan juga langsung terkena air.

Oleh karena itu dinding kamar mandi memerlukan pelapis dinding khusus yang mampu memperkuat lapisan dinding dalam jangka waktu yang lama, walaupun dinding tersebut terus menerus terkena air dan uapnya. Pada umumnya kebanyakan orang menutup sebagian atau seluruh dinding kamar mandi dengan keramik khusus. Namun ada juga mereka yang menutup dinding kamar mandinya dengan batu alam, lempengan kayu dan cat, kombinasi keramik dan cat, serta gabungan antara cat dan walpaper.

Cara Membuat Cat Dinding Kamar Mandi Awet dan Tahan Lama

Nah, jika sebagian atau seluruh dinding kamar mandi masih mengunakan cat tentunya Anda harus memperhatikan beberapa hal penting agar cat tersebut tetap awet dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini kami sajikan beberapa tips untuk membuat cat dinding kamar mandi tetap awet dan tahan lama:

1. Pastikan kamar mandi Anda memiliki ventilasi udara yang memadai. 

Ventilasi yang cukup akan membuat sirkulasi udara di dalam kamar mandi berjalan normal sehingga kelembaban bisa diminimalisir agar tidak menyebabkan kerusakan pada dinding. Anda bisa membuat jendela yang bisa dibuka atau memasang sebuah exhaust fan untuk mengeluarkan uap air dari kamar mandi tersebut.

2. Jika menggunakan gypsum pastikan untuk terpasang rapi.

Sekarang ini konsep kamar mandi kering banyak digunakan oleh rumah-rumah modern terutama yang menganut gaya minimalis. Penggunaan gipsum seringkali menjadi alternatif untuk membuat dinding kamar mandi terlihat lebih rapi dan stylish. Jika ingin memakai material ini di dalam kamar mandi anda, sebaiknya pilih papan gipsum yang memiliki ketahanan lebih kuat terhadap kondisi lembab, ini relatif lebih kuat dari papn gypsum biasa. Kemudian pastikan pemasangannya dilakukan dengan benar, jangan sampai proses pengamplasan menghasilkan tekstur yang berbeda-beda. Anda bisa meminta tukan untuk melakukan finishing level 5 untuk mendapatkan h asil yang maksimal. 

3. Sempurnkan sudut gypsum.

Jika dinding kamar mandi ditutup dengan menggunakan gypsum, pastikan setiap sudutnya dibuat sempurna. Untuk keperluan ini Anda bisa menggunakan Pro Bead Corner untuk menciptakan sudut dinding yang sempurna.

Tips Membuat Cat Dinding Kamar Mandi Awet dan Tahan Lama


4. Gunakan cat khusus yang tahan lama.

Jika Anda memutuskan untuk mengecat sebagian atau seluruh area dinding kamar mandi, gunakan jenis cat khusus yang berkualitas. Terutama untuk lokasi-lokasi khusus yang sering terkena air secara langsung seperti di sekitar jendela, dekat rak penyimpanan dan di sekitar kusen pintu kamar mandi.

5. Pastikan kamar mandi memiliki tingkat pencahayaan yang baik. 

Pencahayaan bisa didapat secara alami maupun buatan dari lampu, pencahyaan yang cukup akan berpengaruh pada penampilan kamar mandi secara keseluruhan. Jika pencahayaan bersumber dari sinar matahari sebaiknya anda memeriksa jatuhnya sinar matahari tersebut sepanjang hari, meskipun sinar alami dinilai baik untuk kamar mandi namun hal ini juga dapat menegaskan kesalahan pengecatan di dalam kamar mandi. Selain itu perhatikan juga teknik mengecat langit-langit yang berukuran besar, gunakan metode satu arah yang sama.

*sumber : Kompas.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Membuat Cat Dinding Kamar Mandi Lebih Awet dan Tahan Lama