Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Inilah Bagian Rumah Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan !


Advertisement
Musim hujan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, meskipun memang dengan kehadirannya banyak orang yang kurang mempersiapkan diri untuk menghadapinya, sehingga akhirnya menimbulkan beberapa masalah yang dapat mengganggu aktivitas. Nah, kondisi rumah kita pun menjadi hal yang penting diperhatikan saat memasuki musim hujan tiba, bila Anda tidak ingin kerepotan oleh permasalahan yang timbul akibat kita lalai untuk merawatnya. 

Inilah Bagian Rumah Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan !

Rumah sebagai tempat berlindung seluruh anggota keluarga tentu harus selalu dalam kondisi yang nyaman. Namun, intensitas air yang menimpa bagian rumah meningkat pada saat musim hujan. Hal ini tentunya dapat merusak bagian-bagian rumah sehingga sangat rentan untuk menimbulkan beberapa permasalahan seperti kebocoran, saluran mampet dan efek yang lebih jauhnya bisa mengganggu kesehatan. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan meberikan tips mengenai bagian rumah yang harus diperhatikan saat musim hujan, bagian apa sajakah itu? langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Atap Rumah dan Plafon

Ini adalah bagian rumah yang sangat vital ketika musim hujan berlangsung, sehingga kondisinya wajib diperiksa secara berkala, apalagi jika genting rumah tersebut masih menggunakan genting bata yang rentah pecah. Dampak yang sering terjadi yakni kebocoran yang bisa merusak plafon hingga perabotan rumah lainnya yang terbuat dari kayu. Selain itu kerusakan atap rumah juga bisa menjadi jalan masuk tikus dan binatang hama lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan lebih parah. Oleh karena itu pastikan kerusakan  atap sekecil apapun segera diperbaiki sebelum mengharuskan Anda merogoh kocek yang lebih besar.

2.  Saluran Air

Bagian rumah yang satu ini sering kali terlupakan perawatannya, padahal jika bermasalah bisa menimbulkan bahaya yang cukup fatal. Pastikan semua saluran air baik yang berasal dari atap rumah, dapur, selokan semuanya bersih dari kotoran. Biasanya pada musim kemarau kita lupa untuk membersihkannya sehingga pasti banyak sekali kotoran seperti daum-daun kering, plastik dan sampah lainnya yang menutupi saluran tersebut. Jika seperti itu tentu air tidak dapt berjalan pada tempatnya dan akhirnya menimbulkan masalah serius bagi Anda. 

3. Talang Air

Setelah memastikan keadaan saluran utamanya bersih dari kotoran, Anda juga harus memeriksa kondisi talang air yang berfungsi untuk membatasi aliran air agar tidak keluar dari jalurnya dan menimbulkan kebocoran. Hal ini sangat rentan mengalami kerusakan terutama di bagian-bagian yang sering mengalami pergerakan, seperti di bagian sambungan, lubang pembuangan dan sebagainya.

4. Dinding 

Dinding rumah baik itu yang terbuat dari tembok maupun partikel lainnya , juga menjadi bagian penting yang harus diperhatikan saat musum hujan. Biasanya bagian tersebut menjadi lebih lembab apalagi jika ada kebocoran dari atap rumah, hal ini bisa menyebabkan tumbuhnya jamur dan merusak bagian catnya. Anda tentu tidak ingin kelembaban yang berlebihan tersebut merusak perabotan rumah lain di sekitarnya.

5. Instalasi Listrik dan Pencahayaan

Bagian rumah yang sangat penting dan harus diperhatikan saat musim hujan selanjutnya adalah berkaitan dengan seluruh instalasi kelistrikan. Pastikan semua kabel-kabel berikut jalurnya tidak ada yang terkelupas atau rusak, karena hal itu bisa membuat hubungan arus pendek jika terkena air dari kebocoran. Jika ditemukan kabel atau alat listrik lainnya yang rusak sebaiknya segera diganti, jika rumah Anda ingin terhindar dari resiko kebakaran. Untuk bagian pencahayaan seperti kaca jendela maupun glassblock harus dibersihkan secara rutin, karena pada musim hujan dengan tingkat kelembaban yang tinggi biasanya menyebabkan banyak kotoran dan jamur menempel di sana. Sehingga intensits cahaya yang masuk ke dalam rumah bisa tetap optimal menunjang kesehatan Anda.

6. Lantai 

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa lantai menjadi bagian penting yang harus diperhatikan saat musim hujan? Pada beberapa kasus lantai bisa mengalami kondisi retak, pecah menggelembung bahkan hingga meledak. Hal ini memang disebabkan oleh banyak faktor seperti semen sebagai perekat keramik yang tidak padat, bagian bawah keramik lembab karena ada air yang keluar dari bawahnya, atau ada ruang kosong akibat memuainya keramik tersebut pada musim kemarau yang sangat panas. Oleh karena itu lakukan pengecekan secara seksama seluruh lantai ruangan untuk tetap mendapatkan kenyaman di rumah. 

*sumber : IDEA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Bagian Rumah Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan !