Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Tips Merancang Desain Taman Minimalis Di Rumah Sendiri


Advertisement
Memiliki area hijau di rumah bisa menambah keindahan sekaligus memberikan udara yang sejuk bagi kesehatan para penghuni rumah. Namun, seringkali kita sering kurang memiliki pengetahuan dalam merancang penataannya, sehingga bisa tercipta sebuah taman yang sedap dipandang dan bisa memberikan inspirasi bagi siapa saja yang melihatnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips dalam merancang desain taman minimalis di rumah sendiri.

Bagi anda yang mempunyai hobi bercocok tanam ataupun berkebun tapi tidak memiliki lahan yang cukup untuk menciptakan kebun impian kini tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini sudah banyak pilihan aneka model taman minimalis untuk rumah sederhana. Desain taman minimalis sangat cocok bagi mereka yang tidak mempunyai banyak waktu untuk merawatnya. Terlebih ukuran taman ini pun tidak terlalu luas, sehingga akan lebih mudah merawatnya.

Tips Merancang Desain Taman Minimalis Di Rumah Sendiri

Dalam merancang sebuah taman bergaya minimalis anda juga tidak perlu sampai menggunakan jasa seorang profesional. Selain karena desainnya belum tentu cocok dengan keinginan anda, tentunya biaya yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih besar karena harus membayar jasa profesional tersebut. Pada dasarnya desain taman untuk rumah minimalis akan mengikuti desain interior dan eksterior yang sudah diterapkan pada rumah anda secara keseluruhan.

Nah untuk menciptakan taman dengan desain minimalis di rumah, anda bisa mencoba mengikuti beberapa tips berikut ini :

1. Buatlah Pembatas atau Pagar

Desain taman rumah minimalis memiliki konsep dasar penggunaan garis yang tegas. Dengan membuat pembatas dinding atau pagar adalah cara untuk merealisasikan konsep tersebut. Pembatas atau pagar ini akan mempengaruhi deain taman secara keseluruhan, dan berikut adalah beberapa contoh model pagar rumah minimalis modern terbaru yang bisa anda pilih.  

2. Gunakan Paving 

Salah satu ornamen yang tepat untuk membuat taman dengan desain minimalis adalah penggunaan paving block. Namun anda juga harus memperhatikan penataan dan posisi pemasangannya. Warna paving abu-abu bisa dipiliha untuk memberikan kesan minimalis yang sangat kental.

3. Pemilihan Tanaman 

Tidak ada patokan khusus dalam memilih tanaman, semuanya kembali pada kebutuhan dan selera anda. Namun jika anda bingung dalam memilih jenis tanaman yang cocok untuk taman minimalis, tanaman hias seperti Adenium, Aglaonema, Agave Attenuata/Siklok dan Mawar Jambe bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu anda juga bisa menggunakan jenis tanaman yang bisa merambat pagar.

4. Penataan Tanaman

Pastikan anda melakukan perpaduan atau harmonisasi pada saat mendesain taman minimalis, dengan cara menggabungkan kombinasi jenis tanaman yang berbeda dalam satu area. atau anda juga bisa menggunakan warna tanaman yang sama, namun dengan jenis, ukuran dan nuansa yang berbeda. Kemudian anda juga bisa memilih wadah atau pot tanaman dengan warna yang kohesif.

5. Hadirkan Air Terjun Buatan

Keindahan alami bisa lebih terlihat pada desain taman minimalis dengan menghadirkan sebuah air terjun buatan berukuran kecil. Air terjun untuk taman minimalis juga hadir dengan beberapa desain, salah satunya yakni air terjun minimalis dengan etnis Bali atau yang menggunakan relief bebatuan.

Untuk penempatannya anda bisa meletakkan air terjun buatan ini di sisi taman yang tidak memiliki banyak tanaman. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghilangkan kesan kosong pada taman. Dengan suara gemericik air yang ditimbulkan dari air terjun buatan ini akan menjadi obat untuk menghilangkan kepenatan sang pemilik rumah setelah seharian beraktivitas. 

sumber : IDEA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Merancang Desain Taman Minimalis Di Rumah Sendiri