Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Cara Membuat Aquascape Sederhana Dengan Biaya Murah


Advertisement
Hobi yang satu ini memang sedang digemari masyarakat Indonesia saat ini, terutama bagi mereka yang hidup di daerah perkotaan dengan beragam aktivitasnya yang padat. Aquascape merupakan hiasan di dalam rumah yang sering dijadikan obat penghilang stress setelah menjalani aktivitas yang cukup melelahkan selama seharian penuh. Bagi anda yng baru mendengar istilah ini mungkin sedikit bertanya-tanya, apa sih aquascape itu? Nah sebelum kami menginjak pada pokok bahasan mengenai cara membuat aquascape sederhana dengan biaya murah, ada baiknya kita simak dulu pengertian dan sejarah perkembangan aquascape di bawah ini.

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Aquascape


Aquascape tidak memiliki pengertian atau definisi secara baku, namun menurut beberapa sumber informasi di internet menyebutkan bahwa aquascape bisa dikatakan sebagai seni menata atau mengatur berbagai elemen penting seperti tanaman, batu, pasir, kayu, air dan elemen lainnya untuk menciptakan sebuah ekosistem hidup dengan landscape yang terlihat alami di dalam sebuah media aquarium. Adapun kehadiran ikan-ikan hias bisa ditambahkan untuk menambah kesan hidup sehingga aquascape terlihat lebih menarik dan natural.

Sejarah perkembangan aquascape berasal dari negeri Sakura, yang mulai diperkenalkan oleh Takashi Amano pada tahun 1990. Beliau merupakan seorang pecinta aquarium yang kemudian memperkenalkan konsep aquascape hingga menjadi populer di seluruh dunia. Pada awalnya Takashi Amano mengimplementasikan keindahan alam Jepang terhadap aquascape buatannya. Dengan teknik dan gaya susunan asimetris yang relatif, metode tersebut banyak disukai oleh para aquascaper (sebutan bagi para pehobi aquascape) di seluruh dunia. Salah satu konsep Takashi amano yang cukup populer di kalangan aquascaper adalah konsep estetika Jepang Wabi-Sabi, yang lebih menonjolkan sebuah kefanaan dengan gaya minimalis.

Nah di Indonesia sendiri aquascape mulai dikenal pada tahun 1993 dengan tokohnya yang dikenal dengan nama Pak Benny seorang pemilik toko aquarium terkemuka di Jakarta. Saat ini perkembangan aquascape di tanah air sudah semakin pesat dengan munculnya beberapa komunitas penggemar aquascape di berbagai daerah dan berbagai event atau kontes aquascape baik yang bertaraf nasional hingga internasional. 

Cara Membuat Aquascape Sederhana 


Setelah mengenal pengertian dan sejarah aquascape tentu anda akan semakin tertarik untuk menngetahui bagaimana cara membuat aquascape. Bagi seorang pemula atau yang baru mengenal hobi yang satu ini bisa mencoba membuat sebuah aquascape sederhana. Dalam pembuatan aquascape ini diperlukan ketelitian, kesabaran dan kreatifitas, sehingga untuk setiap orang pasti akan berbeda hasilnya. 

Cara Membuat Aquascape Sederhana Dengan Biaya Murah

Supaya tidak bikin penasaran, langsung saja kita simak langkah-langkah cara membuat aquascape sederhana berikut ini :

1. Sipakan bahan dan alat yang diperlukan di bawah ini:
  • Aquarium 
  • Filter air
  • Lampu aquarium
  • Pasir Silika
  • Batu hias
  • Kayu hias
  • Pupuk dasar / pupuk cair
  • Tanaman air
  • CO2 Lengkap berikut tabung dan selangnya
  • Pendingin (fan/chiller)
  • Ikan hias yang bukan predator
2. Pemilihan akuarium sangat penting, pilihlah akuarium yang tidak terlalu tinggi agar tanaman dapat mendapatkan cahaya secara langsung dan dapat melakukan pernapasan dengan sempurna. Bentuk dan besarnya akuarium mempengaruhi jumlah banyaknya unsur-unsur ekosistem yang diperlukan.

3. Setelah aquarium siap, lalu masukan pupuk dasar ke dalamnya. Pupuk berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tanaman air. 

4. Setelah pupuk, lapisan selanjutnya adalah pasir silika. Pasir tersebut sangat cocok untuk aquascape dan harganya pun cukup murah yakni hanya tiga ribu rupiah saja untuk per kilogramnya.

5. Langkah selanjutnya yaitu memasukan kayu dan batu hias. Selain sebagai hiasan, elemen ini berfungsi untuk memperkuat pondasi memperkuat tumbuh tanaman air. Lakukan penataan terhadap elemen batu dan kayu tersebut sesuai dengan desain dan selera yang diinginkan.

6. Setelah semuanya tertera sesuai selera, kini saatnya anda menanam tanaman air. Caranya yaitu dengan menyelipkannya diantara pasir atau bebatuan dan untuk mempermudah proses penanaman, isi aquarium dengan sedikit air. Tanaman yang cocok untuk aquascape adalah jenis tanaman rawa seperti velvet green, silver gray dan venomous. Tak usah khawatir dalam mencarinya karena kini semua jenis tanaman ini mudah didapat di toko-toko yang menyediakan peralatan aquascape

7. Tahap selanjutnya yaitu mengisi akuarium dengan air. Jangan lupa untuk memasang filter air dan lampu di atas aquarium. Filter berfungi untuk menyaring kotoran, sehingga warna air dalam aquarium tetap jernih, sedangkan lampu akan berguna sebagai pengganti cahaya matahari. 

Meski cara membuat aquascape tersebut terlihat sederhana, namun sebenarnya banyak faktor teknis yang harus diperhatikan dalam pemilihan tanaman dan pemeliharaan aquascape. Biasanya kebanyakan orang memulai merancang aquascape dengan terlebih dahulu memilih desainnya, padahal yang lebih baik adalah menentukan terlebih dahulu jenis tanaman apa saja yang akan kita hadirkan dalam aquascape tersebut. Sehingga nantinya kita mengetahui kebutuhan elemen dan peralatan lainnya yang bisa mendukung kelangsungan hidup tanaman tersebut. Untuk membuat aquascape terlihat sempurna anda juga bisa menambahkan ikan hias yang bukan berjenis predator ke dalamnya, atau bisa juga berupa udang hias dan siput mini.

Bagaimana, apakah anda tertarik membuatnya untuk dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah? Selain aquascape bagi anda yang memiliki hobi berkebun atau bercocok tanam anda juga bisa membaca artikel kami yang berjudul Tanaman Hidroponik Solusi Mudah Bercocok Tanam Di Rumah, terima kasih selamat mencoba dan semoga bermanfaat ;)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Aquascape Sederhana Dengan Biaya Murah