Inspirasi Terbaik Rumah Anda

Cara Merawat Tanaman Bunga Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Indah


Advertisement
Mempunyai kegemaran yang bisa dilakukan di rumah memang mengasyikan, selain dapat menyalurkan hobby, aktivitas yang satu ini juga bisa membuat rumah terlihat lebih indah. Bagi seorang wanita tanaman banyak menjadi pilihan untuk menyalurkan hobinya, apalagi tanaman bunga anggrek yang memiliki keindahan baik dari segi rupa, jenis dan warnanya. Namun, seringkali kita masih dihadapkan pada permasalahan tentang bagaimana cara merawat anggrek yang baik, supaya tanaman bernama latin Orchidaceae ini terus tumbuh subur dengan bunga yang indah di rumah kita. 
Cara Merawat Tanaman Bunga Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Indah
Saat ini bunga anggrek sudah menjadi tanaman industri yang diperjualbelikan untuk kebutuhan dekorasi interior rumah maupun gedung untuk acara-acara khusus. Bentuk dan warnanya pun semakin beragam karena banyak sekali para ahli biologi yang melakukan penyilangan berbagai jenis anggrek untuk mendapatkan varian baru dengan bunga yang lebih indah. Sehingga tidak heran jika bunga yang satu ini semakin diminati kaum perempuan untuk dijadikan sebagai hiasan di rumahnya. Nah, bagi anda yang ingin memelihara tanaman anggrek di rumah, kali ini kami akan membagikan tips mengenai cara merawat tanaman anggrek yang baik dan benar. Simak caranya di bawah ini:

4 Kunci Utama Cara Merawat Anggrek


1. Tempatkan tanaman anggrek di area yang terkena sinar matahari secara alami, tapi penting juga diingat bahwa area tersebut tidak boleh terlalu panas, karena ini bisa menyebabkan daunnya menguning seperti terbakar. Artinya intensitas sinar matahari tersebut harus diatur supaya tidak berlebihan, atau bisa juga menggunakan area dengan atap yang ditutup oleh bahan fiber glass transparan yang bisa dibuka tutup sesuai dengan kebutuhan.

2. Untuk memberikan situasi yang mirip habitat aslinya, kondisikan tanaman anggrek tersebut agar tetap lembab. Anggrek merupakan tumbuhan tropis yang hidupnya di daerah lembab, nah agar tetap lembab tanaman anggrek harus disiram secara teratur. Waktu penyiraman yang baik adalah pagi hari yaitu antara puku 07.00 - 09.00 dan sore hari antara pukul 15.00 - 17.00. Siramlah dengan air secukupnya sebab jika terlalu banyak memberikan air pada tanaman ini justru bisa merusaknya.

3. Cara merawat bunga anggrek yang ketiga adalah menempatkannya di dalam sebuah pot kecil.  Pot ini berguna untuk memberikan wadah tempat tumbuh berkembangnya akar-akar halus tanaman anggrek pada medianya seperti arang kayu, serabut kelapa atau akar pakis haji. Sedangkan bahan yang bagus untuk digunakan sebagai pot tanaman anggrek yaitu tanah liat atau plastik. Pot juga harus mengalami penggantian jika tanaman anggrek tersebut sudah memiliki banyak tunas baru, media tanamnya sudah hancur dan lapuk atau sudah banyak ditumbuhi lumut. Penggantian pot menjadi sangat penting untuk melakukan proses penanaman ulang dengan ukuran yang lebih besar dan media tanam yang baru.

4. Pada dasarnya anggrek akan tumbuh dengan baik di dataran tinggi yang mempunyai udara sejuk, tetapi tidak mustahil tanaman ini juga bisa hidup di dataran rendah. Yang penting bagi anda adalah bagaimana menjaga agar suhu di sekitar tempat tumbuhnya anggrek tersebut tetap lembab, dalam artian tidak terlalu panas tapi juga dengan kadar air yang tidak berlebihan. Misalnya anda bisa menempatkan tanaman anggrek ini di dalam rumah kaca yang pencahayaan sinar mataharinya bisa diatur oleh anda.

Selain 4 kunci utama diatas, cara merawat tanaman bunga anggrek juga harus memperhatikan suhu ruangan atau lingkungan tempat tumbuhnya tanaman tersebut. Suhu yang ideal adalah berkisar anatara 15 hingga 35 derajat Celsius (suhu maksimal 20 derajat Celsius) dengan sistem sirkulasi udar yang baik. Sedangkan untuk ukuran kelembaban yang baik yakni antara 65 sampai 70 derajat Celsius. 

Itulah beberapa cara merawat anggrek agar tumbuh subur dan indah di rumah anda, semoga bermanfaat terima kasih dan selamat mencoba ;)

sumber : IDEA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Tanaman Bunga Anggrek Agar Tumbuh Subur dan Indah